Monday, April 03, 2017

CARA CEPAT MENGHAFAL PERKALIAN

Tips jitu menghafal perkalian

Tips menghafal perkalian
Hafal perkalian dasar atau perkalian angka 1 – 9, merupakan kunci utama kemampuan dan kecepatan operasi bulangan, baik perkalian maupun pembagian. Oleh sebab itu, semua siswa sekolah dasar harus hafal.

Hafalan angka ini tidak terlalu sulit bila menggunakan strategi yang benar dan sistematis. Buktinya, kita hafal huruf abjad. Kemudian, dengan mudah merangkai menjadi sebuah kata, bahkan sampai kalimat. Orang bisa membacanya ketika ia mau belajar.

Betapa banyaknya kata-kata yang harus dihafal ketika kita ingin bicara. Anehnya, semua bisa dihafal dengan mudah. Bahkan, rata-rata anak usia dua tahun sudah bisa bicara. Ini berarti dia sudah hafal ribuan kata. Strategi berikut bisa mempermudah hafalan perkalian.

A.      Kelompokkan menurut sifat angka

1.      Bilangan dikali angka 1


Sifat : Semua bilangan dikali angka 1, sama dengan bilangan itu sendiri.

1 x 1 = 1
   
6 x 1 = 6

2 x 1 = 2
   
7 x 1 = 7

3 x 1 = 3
   
8 x 1 = 8

4 x 1 = 4
   
9 x 1 = 9

5 x 1 = 5
   

2.      Bilangan dikali angka 2

Sifat : bilangan dikali angka 2 sama dengan menjumlah. Yang harus dihafal adalah :

2 x 2 = 4
   
6 x 2 = 12

3 x 2 = 6
   
7 x 2 = 14

4 x 2 = 8
   
8 x 2 = 16

5 x 2 = 10
   
9 x 2 = 18


3.      Perkalian angka dibawah 5

Yang harus dihafal adalah :

3 x 3 = 9

4 x 3 = 12

4 x 4 = 16


4.      Bilangan dikali angka 5

Sifat : hasilnya berakhiran angka 5 dan 0. Yang harus dihafal adalah :

3 x 5 = 15
   
7 x 5 = 35

4 x 5 = 20
   
8 x 5 = 40

5 x 5 = 25
   
9 x 5 = 45

6 x 5 = 30
   

5.      Bilangan dikali angka 9

Sifat : Jumlah hasilnya pasti 9. Yang harus dihafal adalah :

3 x 9 = 27
   
7 x 9 = 63

4 x 9 = 36
   
8 x 9 = 72

6 x 9 = 54
   
9 x 9 = 81


Perkalian dikali angka 9 bila kita memperhatikan sifatnya adalah sebagai berikut :

Coba lakukan pada bilangan dikali 9 lainnya. Anda pasti bisa dan jadi hafal semua.


6.      Perkalian angka kembar

Penyebutan angka kembar menjadikan kesan tersendiri, sehingga punya kecenderungan mudah diingat dan dihafal. Yang harus dihafal adalah :

6 x 6 = 36

7 x 7 = 49

8 x 8 = 64


7.      Sisa angka yang belum dihafal adalah sebagai berikut :

3 x 6 = 18
   
4 x 6 = 24
   
6 x 7 = 42

3 x 7 = 21
   
4 x 7 = 28
   
6 x 8 = 48

3 x 8 = 24
   
4 x 8 = 32
   
7 x 8 = 56

Strategi pengelompokan ini memberikan kemudahan membuat target hafalan. Evaluasinya lebih cepat, karena tersistem. Yang belum dihafal pun cepat ketahuan. Tegasnya, targetnya adalah menghafal. Bukan menganalisa, tetapi mendengar, menirukan, mengulang, akhirnya menghafal. Atau, membaca, mengingat, mengulang-ulang, akhirnya hafal.


B.       Permainan jari tangan

Permainan jari tangan bisa membantu hafalan perkalian. Contohnya bisa disimak seperti berikut :

 
C.      Permainan khusus

Angka-angka tertentu bisa dijadikan mainan yang sangat menarik. Permainan angka sering disebut matemagic. Sebab, tanpa kemampuan aritmatika orang bisa mengerjakan operasi perkalian dalam jumlah banyak. Bahkan, dengan kecepatan yang sepertinya luar biasa. Permainan ini sangat diperlukan, terutama bagi anak-anak. Tujuannya, supaya mereka suka berhitung. Untuk bisa main matemagic, syaratnya harus hafal perkalian dasar angka 1 – 9.

Permainan angka mendorong motivasi anak menghafal perkalian. Bermain matemagic tampaknya sangat menggiurkan bagi anak-anak. Otomatis, anak-anak suka mengulang-ulang permainan ini. Manfaatnya, hafalan perkalian menjadi makin kuat.

Perhatikan permainan berikut :

- Pendekatan angka 10

Permainan ini akan menjadikan kita senang mengulang-ulang perkalian. Tingkatkan permainan ini dengan tidak menuliskan pasangan. Atau, pasangan dan proses hanya di dalam pikiran. Pasti bisa dan mudah

-  Pendekatan angka 100

Kunci bermain dengan pendekatan angka 100 adalah hafal perkalian dasar 1-9. Ini akan menjadi motivasi untuk menghafal. Tingkatkan dengan memproses tanpa menuliskan pasangannya. Maka, anda telah menghafal perkalian dasar dengan baik.

- Permainan angka puluhan kembar dan satuannya berjumlah 10

Sekali lagi, bermain angka cepat ada syaratnya. Apa? Harus hafal perkalian dasar.

-  Perkalian angka puluhan jumlah 10 dengan satuan sama

Lakukan permainan ini secepat mungkin. Latihlah dengan membuat soal sendiri. Tingkatkan dengan soal lisan tanpa ditulis. Ucapkan kemudian jawab sendiri. Bila itu bisa, kita sebenarnya sudah hafal perkalian dasar 1-9 dengan baik.


D.      Strategi hafalan perkalian bersama


Cara menghafal akan lebih mudah bila dilakukan bersama-sama. Tidak terkecuali perkalian dasar. Maka, sebaiknya siswa sekolah melakukan hafalan di kelas secara bersama-sama.

Hafalan bersama masing-masing siswa saling terbantu. Energy bisa dihemat. Ketika mendengarkan lagu, kita sering mudah hafal. Ini berarti indera pendengaran berfungsi baik untuk mempercepat menghafal. Kehadiran dua indera sekaligus, pendengaran dan pengelihatan memberikan kekuatan menghafal lebih cepat. Anak kecil kadang hafal perkalian 6 x 7 = 42 karena sering dengar iklan susu dancow di TV.

Inti proses menghafal adalah mengulang-ulang informasi yang didapat. Informasi bisa ditangkap oleh indera penglihatan, rasa, dan pendengaran secara berulang-ulang. Jika anda ingin belajar bahasa Inggris, akan lebih mudah jika dilakukan di tengah masyarakat yang bahasa  Inggris. Menghafal bersama berarti memfungsikan seluruh panca indra. Karenanya, hasilnya akan lebih optimal jika disbanding dengan menghafal sendiri. Contoh kita menghafal perkalian sebagai berikut :

Proses menghafal bersama sebaiknya didahulukan secara tertib, sesuai dengan pengelompokan angka sebagaimana telah dibahas sebelumnya. Hal ini akan mempermudah control target hafalan yang ingin dicapai.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home