Wednesday, April 12, 2017

Untung dan Ruginya driver dan perusahaan Gribe

saya kira grabbike jabodetabek masih kurang memperhatikan mitra ..
dan saya pikir munculnya driver driver yg curang juga sebenarnya imbas dari kebijakan kebijakan perusahaan yg kurang menguntungkan bagi driver .. Sehingga memaksa para driver harus bermain curang ..

*1. Trip trip jauh*
a. Keuntungan perusahaan : mendapatkan komisi lebih banyak
b. Kerugian perusahaan : permintaan penumpang tidak terpenuhi
c. Kerugian driver :
Andaikan tarif driver bisa di up(naikan),  disitu mungkin driver tak segan segan menerima trip trip jauh, dan mereka tidak khawatir menyakiti jasmani mereka, karna penghasilannya berimbang antara lelahnya dan pendapatannya .. Dan perusahaan pun harusnya lebih untung karna dapat komisi lebih ..
Dan masalah besar bagi driver
adalah untuk mendapatkan bonus di 20trip sudah pasti akan kesulitan karna kelelahan dengan trip trip jauh dan tak ada jaminan argonya ..
Soal pelanggan, tak perlu khawatir .. kita berlomba dari segi pelayanan

*2. Trip trip sedang*
a. Keuntungan perusahaan : mendapatkan komisi sedang
b. Kerugian perusahaan : hampir tidak ada
c. Keuntungan driver : 50/50
d. Kerugian driver : 50/50

Di trip sedang, hampir seluruh driver sepaham bahwa di argo 12rb sampai dengan 20rb, nah di angka ini driver sangat teraniaya .. Karna untuk argo 1500/km, driver harus menjalani trip sepanjang 10km untuk uang sebesar 15000, sebenarnya angka yg kurang wajar, mengingat grabbike adalah transportasi yg sangat eksklusif .. dan lagi, di argo pada trip trip sedang, driver tidak mendapat jaminan argo ( hanya 1500/km). Di trip trip sedang seperti ini paling tidak driver hanya sanggup 10 trip dan itu sangat menyakiti jasmaninya.  Karna  andaikan driver mendapatkan 10 trip x argo 15000 = 100 kilometer+macet+jarak&waktu penjemputan+permintaan konsumen ( rata rata driver ) driver hanya mendapatkan 150.000/perhari belum dikurangi pulsa, bensin, makan, rokok dijalan, tanpa memiliki tabungan dari jaminan argo , akan sangat tidak seimbang, dan driver pasti tumbang. Target 20trip pun diluar harapan.

*3.trip trip pendek*
a. Keuntungan perusahaan : permintaan penumpang terpenuhi (sudah pasti)
b. Kerugian perusahaan : pembayaran jaminan argo
c. keuntungan driver : trip dekat, pendapatan sedikit (seimbang)
- mendapatkan jaminan argo
d. Kerugian : bukan pada argonya .. tapi pada rating penerimaannya. karna tidak mungkin mengejar rate perform 60℅ jika pilah pilih orderan. sementara trip sedang dan trip jauh dianggap merugikan .. Walaupun ada bonus insentif
Driver bukannya enggan menerima job di trip trip sedang dan jauh .. hanya saja pemberlakuan skema jaminan argo per tanggal 10 april, dinilai bagi para driver masih kurang fair untuk para driver grabbike, ditambah lagi dengan pemberlakuan sistem rating perHari .
argo tidak naik .. rating menekan

Dari semua permasalahan yg dirasa menekan bagi para driver adalah .. kebijakan yg tak berimbang itu tadi ..
dengan imbas utama ialah beban psikis bagi driver ..
tidak sejahtera dalam segi pendapatan, karna sistem kerja yg menekan seperti itu ..
Dan hasilnya .. pendapatan yg belum mumpuni ..
1. Jasmani driver tidak sehat
2. Psikis driver lebih emosional, terburu buru
dan akhirnya semua itu berimbas pada ujuk tombak perusahaan jasa transportasi ini yaitu :
*pelayanan konsumen memburuk*

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home